cover
Contact Name
Kartika Magdalena
Contact Email
kartika.suwanto@uph.edu
Phone
+6285780522262
Journal Mail Official
imatype@uph.edu
Editorial Address
MH Thamrin Boulevard 1100, Klp. Dua, Kec. Klp. Dua, Kota Tangerang, Banten 15811
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Imatype: Journal of Graphic Design Studies
ISSN : 28284151     EISSN : 28283953     DOI : http://dx.doi.org/10.37312/imatype.v1i2
Core Subject : Education, Art,
IMATYPE Journal of Graphic Design Studies is a peer-reviewed billingual journal that focuses on the foundational discussion of graphic design studies. The journal is published by the Department of Visual Communication Design of Universitas Pelita Harapan, and managed by Universitas Pelita Harapan Editorial dan Publication Design Laboratory.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2: August 2023" : 7 Documents clear
Analisis Ilustrasi Buku Anak sebagai Media Edukasi Stress dan Depresi kepada Anak Hannie Shahia Aqiela; Riama Maslan Sihombing
IMATYPE: Journal of Graphic Design Studies Vol 2, No 2: August 2023
Publisher : Penerbit Fakultas Desain Universitas Pelita Harapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37312/imatype.v2i2.7457

Abstract

Stress dan depresi pada anak seringkali tidak disadari dan diabaikan, terlebih karena anak belum paham mengenai stress dan depresi dan belum mengenal gejalanya. Edukasi stress dan depresi kepada anak harus dilakukan dengan cara yang ringan, menyenangkan, dan mudah dipahami, salah satunya melalui media buku anak yang tidak terlepas dari ilustrasi buku anak. Bahasa visual pun menjadi penting dalam pembuatan ilustrasi buku anak. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis Bahasa visual dalam ilustrasi buku anak yang mengangkat tema stress dan depresi dengan studi kasus buku anak berjudul Balloons for Papa guna menghasilkan suatu kesimpulan yang kedepannya dapat diaplikasikan dalam perancangan buku anak bertema stress dan depresi.
Perancangan Aplikasi Mobile Pembelajaran Bahasa dan Aksara Sasak untuk Pelajar Sekolah Dasar Dicky Hidayat
IMATYPE: Journal of Graphic Design Studies Vol 2, No 2: August 2023
Publisher : Penerbit Fakultas Desain Universitas Pelita Harapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37312/imatype.v2i2.7315

Abstract

Perkembangan teknologi di era globalisasi dan modernisasi saat ini menimbulkan banyak dampak bagi masyarakat, salah satunya adalah cara berkomunikasi antar individu atau kelompok. Bahasa dan Aksara Sasak adalah kebudayaan dan identitas suku Sasak sebagai suku asli dari Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Saat ini masyarakat Sasak lebih banyak menggunakan Bahasa Sasak Jamaq dibandingkan Sasak Alus. Hanya sebagian masyarakat Sasak yang masih mengenal Asksara Sasak. Ketersediaan media pembelajaran Bahasa dan Aksara Sasak saat ini belum memadai dan lengkap. Media pembelajaran yang tersedia hanya berupa buku-buku cetakan lama dan naskah lontar yang sudah jarang ditemukan. Pembelajaran bahasa dan aksara Sasak sebaiknya dilakukan pada jenjang pendidikan dasar, sehingga dibutuhkan media pembelajaran baru yang lebih interaktif terutama untuk pelajar Sekolah Dasar. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi pustaka. Berdasarkan kesimpulan hasil analisis data kemudian dilakukan perancangan menggunakan metode Design Thinking. Hasil perancangan berupa aplikasi mobile pembelajaran Bahasa dan Aksara Sasak untuk pelajar Sekolah Dasar. Hasil perancangan ini diharapkan dapat meningkatkan minat belajar dan penggunaan Bahasa dan Aksara Sasak pada pelajar khususnya Sekolah Dasar di Pulau Lombok, serta memberikan alternatif media pembelajaran yang mempermudah pemahaman serta memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan.
Analisis Desain Buku Aktivitas Stiker Tematik untuk Anak Usia Dini Chara Susanti
IMATYPE: Journal of Graphic Design Studies Vol 2, No 2: August 2023
Publisher : Penerbit Fakultas Desain Universitas Pelita Harapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37312/imatype.v2i2.6516

Abstract

Anak usia dini membutuhkan stimulasi yang tepat untuk perkembangan kognitif, sosial, emosional, dan fisik. Proses belajar anak usia dini adalah dengan bermain sambil belajar, sehingga aktivitas anak harus disiapkan yang menyenangkan dan dengan tingkat kesulitan yang sesuai bagi anak. Usborne merupakan penerbit yang berbasis di Inggris dengan spesialisasi buku anak edukatif. Penulis memilih 5 judul buku aktivitas stiker tematik untuk anak usia dini yang diterbitkan Usborne antara tahun 2019 sampai 2021 dengan tema yang beragam. Kelima buku dianalisis dengan metode penelitian kualitatif, metode penelitian visual yang terdiri dari analisis deskriptif, analisis konten, dan analisis konteks. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pertimbangan apa saja yang terwujud pada rancangan buku aktivitas stiker tematik untuk anak usia dini.
Perancangan Buku Ensiklopedia Anak 4D Klasifikasi Makhluk Hidup Mamalia Laut Stephen Wijaya; Aprilia Kartini
IMATYPE: Journal of Graphic Design Studies Vol 2, No 2: August 2023
Publisher : Penerbit Fakultas Desain Universitas Pelita Harapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37312/imatype.v2i2.7458

Abstract

Dari sekian banyaknya kegiatan pemerintah dan organisasi swasta, dalam upaya pelestarian mamalia laut. Populasi mamalia laut masih belum bertambah secara signifikan. Maka  dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa,  kegiatan pelestarian mamalia laut masih kurang efektif.  salah satu faktornya adalah edukasi pengenalan mamalia laut di Indonesia masih sedikit. Terlebih inovasi media pengenalan mamalia laut untuk anak anak masih minim. Dengan merancang buku ensiklopedia anak 4D mamalia laut, diharapkan mampu meningkatkan minat untuk mengenal mamalia laut. Menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, data penelitian ini berasal dari studi pustaka dari data sumber terpercaya, dan kuesioner berdasarkan target pasar yang dituju. Menghasilkan media utama berupa buku augmented reality mamalia laut serta media pelengkap berupa media pendukung dan media promosi yang saling berhubungan satu sama lain. Dengan perancangan berdasarkan kajian teori dan prinsip dasar keilmuan Desain Komunikasi Visual. 
Perancangan Desain Kemasan Untuk Origami Coffee Filter Kaldi Kraftware Yolanda Ruth Theophanie Taruli Tumilisar; Brian Alvin Hananto; Lorentius Calvin
IMATYPE: Journal of Graphic Design Studies Vol 2, No 2: August 2023
Publisher : Penerbit Fakultas Desain Universitas Pelita Harapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37312/imatype.v2i2.6858

Abstract

Brand UMKM Kaldi Kraftware merupakan sebuah brand social-preneur yang memiliki tujuan untuk menciptakan sebuah produk yang berasal dari pengelolahan sampah atau limbah botol plastik yang ditemukan di pantai maupun sungai khususnya di daerah Nusa Tenggara Barat. Untuk saat ini Kaldi Kraftware sedang dalam proses mengeluarkan produk baru yaitu Origami Coffee Filter dengan menggunakan bahan olahan botol plastik yang telah di daur ulang dan di olah. Permasalahan yang dihadapi dalam pembuatan desain berada di bagian storytelling dimana brand memiliki kesulitan dalam menyebar luaskan cerita mereka kepada para audiens. Dalam karya ilmiah ini, akan memfokuskan pembahasan pada proses pembuatan desain kemasan untuk brand Kaldi Kraftware dari pengumpulan data hingga evaluasi desain. Beserta dengan jenis metodologi yang digunakan dalam proses pembuatan desain. Selain itu, pembahasan akan masuk kedalam proses pembuatan desain yang menjabarkan berbagai alternatif yang diberikan dan juga hasil evaluasi yang diberikan secara langsung oleh pemilik.
Peran Tipografi Eksperimental Terhadap Visualisasi Lagu Dalam Album Sinestesia Angel Cristina; Ferdinand Indrajaya
IMATYPE: Journal of Graphic Design Studies Vol 2, No 2: August 2023
Publisher : Penerbit Fakultas Desain Universitas Pelita Harapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37312/imatype.v2i2.7199

Abstract

Tipografi dalam lingkup Desain Komunikasi Visual umumnya dipahami sebagai medium komunikasi dalam bentuk kumpulan karakter huruf yang dikomposisikan sedemikian rupa untuk menyampaikan pesan. Pesan yang disampaikan tidak hanya bersifat informatif, dimana tipografi hanya diposisikan sebatas instrumen (sebagai susunan kata) yang berfungsi untuk menjelaskan medium komunikasi visual lainnya seperti ilustrasi atau fotografi. Tipografi juga dapat dipahami lebih dari sekedar susunan teks penjelas gambar (baik secara ilustratif atau fotografis). Keberadaannya dapat dipahami sebagai medium visual yang dramatis dan ekspresif. Sebagaimana dikatakan oleh Rob Carter, anatomi dari bentuk tipografis dapat dieksplorasi lebih jauh dengan tujuan mencapai wujud yang lebih ekspresif. Pendekatan eksploratif ini diterapkan untuk menantang kembali pandangan tradisional dalam tipografi yang instrumental dan fungsional. Pengolahan bentuk, ruang, tekstur, dan warna dalam tipografi dieksplorasi untuk melampaui pemahaman tradisional tersebut. Eksplorasi tipografis semacam ini biasanya dipahami dalam tajuk tipografi eksperimental. Upaya eksperimental ini akan diterapkan pada proyek perancangan ulang album Sinestesia, dimana tipografi berdialog dengan lagu sebagai konten tanpa melupakan peran untuk mengkomunikasikan pesannya. Tahapan proses perancangan visual akan mengacu pada metode perancangan Robin Landa.
Perancangan Desain UI/UX untuk Aplikasi Restoran Makanan Sehat Grains of Glory Caroline Heliawanto; Ellis Melini
IMATYPE: Journal of Graphic Design Studies Vol 2, No 2: August 2023
Publisher : Penerbit Fakultas Desain Universitas Pelita Harapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37312/imatype.v2i2.7282

Abstract

Aktivitas padat menyebabkan adanya tuntutan kemudahan dan kepraktisan dalam berbagai hal. Hampir seluruh industri memanfaatkan teknologi untuk mempertahankan bisnisnya, sehingga terjadi peningkatan dalam pemesanan makanan secara online melalui aplikasi smartphone. Melihat hal ini, Grains of Glory berusaha memanfaatkan teknologi untuk mengajak dan memfasilitasi masyarakat dalam memulai gaya hidup yang lebih sehat. Untuk mencapai tujuan tersebut, Grains of Glory berencana merancang aplikasi pemesanan makanan dengan basis smartphone.Perancangan proyek ini terdiri atas empat tahap, yaitu (1) memahami kebutuhan user, (2) pengumpulan dan analisis data, (3) penentuan konsep perancangan dengan menentukan keyword dan moodboard desain yang dilanjutkan dengan sketsa dan pembuatan berbagai assets dalam bentuk komponen serta design guidelines, (4) pembuatan prototype aplikasi menggunakan Figma.Perancangan aplikasi ini telah berhasil memenuhi tujuannya melalui adanya pemilihan elemen interface dan flow dari aplikasi yang dirancang berdasarkan kaidah UI/UX untuk dapat memudahkan user. Selain itu, integrasi fitur-fitur yang relevan seperti rekomendasi makanan, informasi gizi yang jelas, serta perhitungan kalori memungkinkan user untuk membuat pilihan yang tepat dalam menjalani gaya hidup sehat.Perancangan Desain UI/UX untuk Aplikasi Restoran Makanan Sehat Grains of Glory

Page 1 of 1 | Total Record : 7